Resep Korean Pancake

Resep Korean Pancake

Annyeonghaseyo :). Kali ini Senang Makan akan membagikan resep dari negri yang bisa dijangkau dengan waktu kurang lebih 7 jam menggunakan pesawat :D. Makanan ini sering banget ada di meja-meja makan orang Korea kalau ada acara keluarga dan sebagainya. Sering banget lihat di drama korea, apalagi di meja sembayangnya :D. Ternyata buatnya gak susah loh, yuk mari kita membuat. 

Bahan:

  • Kimchi
  • Daun lokio (kalau gak ada ganti daun kucai saja)
  • Tauge
  • Pare iris
  • Bawang putih parut secukupnya
  • Cabe rawit
  • Tepung terigu secukupnya
  • Air putih
  • Garam dan lada Minyak Wijen

Bingung yah kenapa bahannya banyak banget? ini semua bisa membuat 5 jenis pancake loh. Pancake dikorea itu banyak banget jenisnya dan namanya ajib-ajib hahaha. Langkahnya simpel banget. Tapi kali ini Senang Makan akan membagian 2 langkah yang sedikit berbeda diakhirnya.

Persiapan Bahan :

  1. Potong kimchi , pare, dan daun lokio menjadi beberapa bagian 

    Lokio dipotong seukuran jari telunjuk, kalau jarinya panjang banget, dipendekin aja ukurannya :p (bukan jarinya yah, tapi lokionya hahaha)
  2. Untuk parenya, dicampur dengan garam dahulu kurang lebih 15 menit. Kemudian tiriskan airnya agar parenya tidak terlalu pahit.
  3. Campurkan segenggam Lokio dengan 2 SDM tepung dan minyak wijen 1/2 SDT. Bumbui dengan sejumput garam dan lada. Untuk pare dan kimchi (ukuran segengam) hanya bedanya ditambahkan bawang putih parut 1 siung, garam sejumput, dan gula sejumput.
Langkah 1:
  1. Tambahkan 2 SDM air, aduk rata
  2. Panaskan teflon dengan api kecil dan lumuri dengan sedikit minyak wijen 
  3. Goreng pancake lokionya, dan hias dengan beberapa potongan cabai. Goreng hingga kedua sisi sudah bewarna kecoklatan.
  4. Lakukan hal yang sama pada bahan-bahan lainnya 
  5. Hasilnya akan seperti ini  

Langkah 2:

  1. Bedanya dengan langkah 1 adalah, hanya berbeda takaran air dan tepungnya saja. Kalau ingin membuat adonan yang lebih tebal. Tambahkan air 4 SDM dan tepung terigu 5SDM (jangan mujung) agar tepungnya lebih mengental seperti adonan pancake biasanya. Kalau dirasa keenceran bisa ditambahkan tepung lagi.
  2. Hasilnya akan seperti ini 
  3. Untuk pancake terakhir karna sisa bahan masing-masing sayang dibuang, akhirnya Senang Makan campur semua menjadi satu dan kebetulan ada sisa jagung dikulkas, jadi Senang Makan campur semua jadi satu (jangan lupa bumbunya).  

TIPS!

  • Resep Senang Makan pada langkah pertama ini merupakan remake dari resep acara korea chef Baek Jong Won yang sangat-sangat diriku cintai iniiii, resep-resepnya loh yah hihihihi. Untuk langkah pertama paling enak langsung dimakan setelah dimasak, kalau ditunggu agak lama, sayurannya jadi kurang enak.
  • Rekomen banget menggunakan pare dan kimchi kalau untuk satuan. Bisa juga menggunakan daun bawang, seafood, daging, tomat, dan banyak lagi. Tapi lebih sering daun bawang, kimchi, dan lokio. Kalau dicampur jadi satu, tambahan jagung itu bikin rasa makin enak. Seur bener deh gak bohong.
  • Di resep ini Senang Makan juga gak pakai lokio karena susah nyarinya, jadi Senang Makan pilih kucai saja. Tapi adaloh resepnya menggunakan kucai.
  • Untuk rasa kimchinya, tolong cobain kimchinya terlebih dahulu. Kalau kimchinya sudah sangat terfermentasi tambahkan gula sedikit lebih banyak, jangan lupa ambil sedikit jus kimchinya.
  • Untuk langkah pertama, jangan terlalu dibalik, karena diakan tipis jadi kalau sering dibalik jadi cepat hancur
  • Kalau malas balik satu-satu, tuang saja semua menjadi satu adonan yang besar. Nah tapi kalau begitu harus sangat benar-benar membaliknya. Kalau satu sisi belum matang, jangan dibalik dahulu, nanti bisa hancur D’: .

Selamat mencoba dan Happy Cooking. Memasak tanpa rasa senang dan hati yang bahagia, makanan tidak akan terasa enak 🙂

No Comments

Post a Comment