Resep Japchae

Resep Japchae

Japchae adalah salah satu makanan Korea yang sering dipesan di restoran-restoran masakan Korea. Japchae ini mirip bihun goreng atau bakmie goreng dimata orang Indonesia. Tapi apakah cara memasaknya sama seperti bihun goreng di Indonesia? yuk kita lihat disini cara membuat Japchae.

Bahan:

  • Jamur Shitake (atau jamur siongku) 4biji untuk ukuran kecil atau 2 ukuran besar.

  • Daging sapi 100gram potong memanjang
  • Wortel 1 buah ukuran besar potong korek api
  • Bawang Bombay 1 siung ukuran sedang iris tipis
  • Paprika 1/2 ukuran besar iris tipis

  • Telur ayam 2 butir
  • Bayam 100gram
  • Bawang putih 2 siung cacah halus atau diparut ( + 1 siung bawang putih)

  • Sohun Ubi 1/4 bungkus

Bahan bumbu:

  1. Garam
  2. Lada
  3. Gula pasir
  4. Soy sauce
  5. Minyak Wijen

Langkah:

  1. Bumbui jamur dan daging sapi dengan 1SDT gula, lada secukupnya, 2 SDT soy sauce, 1 siung bawang putih yang sudah diparut ( + 1 siung bawang putih parut) dan 1 SDT minyak wijen. Aduk hingga rata dan diamkan kurang lebih 2jam dikulkas. 
  2. Tambahkan sejumput garam kedalam kocokan telur dan goreng telur dengan api kecil dengan minyak yang sedikit.  
  3. Setelah kedua sisi matang, potong2 memanjang seperti telur di nasi uduk kemudian sisihkan.  
  4. Kemudian rebus bayam 1 menit dan tiriskan, kemudian remas bayam hingga airnya keluar semua.  
  5. Lalu bumbui bayam dengan 1SDT soy sauce dan 1 SDT minyak wijen, kemudian sisihkan. 
  6. Tumis daging dan jamur dengan api kecil dan sedikit minyak wijen, hingga warnanya berubah kemudian tambahkan semua sayuran yang belum dimasak. Aduk-aduk hingga layu, kemudian bumbui dengan 1SDT soy sauce dan 1 SDT minyak wijen ( + 1SDM saus tiram+ 1SDT garam). Setelah semua bahan masak, tiriskan    
  7. Rebus sohun ubi kurang lebih 7-10 menit kemudian tiriskan. 
  8. Gunting2 sohun ubi dengan gunting sesuai ukuran yang diinginkan, karna sohun ini tidak mudah putus seperti sohun biasa. Kemudian bumbui dengan 1 SDT gula, 2 SDT minyak wijen, dan 2 SDT soy sauce ( + 1 SDT soy sauce). Aduk-aduk dengan tangan (kalau gak kuat karna panas, pakai capitan saja). 
  9. Setelah semua bahan siap, campur semuanya disatu wadah. Bumbui dengan 1 siung bawang putih parut, 1 SDM soy sauce ( + 2SDT soy sauce) , lada secukupnya, dan 2SDT minyak wijen.

    Padahal cuman dicampur bumbu-bumbu saja warnanya langsung coklat kaya dimasak bareng-bareng diatas kompor 😀
  10. Japchae siap disajikan dengan taburan daun bawang dan wijen panggang

TIPS!

  • Kalau memakai jamur shitake atau siongku yang kering, rendam dalam air dulu kurang lebih 1/2 hari. Kalau gak keburu, 1-2 jam saja cukup tapi hasilnya agak kurang lembut saja.
  • Sejujurnya resep japchae yang aslinya, telurnya yang digoreng hanya kuning telurnya saja karna agar hasilnya menguning. Masalahnya abis itu saya bingung putihnya mau diapain, yaudah saya pake aja dua-duanya :D. Kalau mau pakai 3-4 telur juga tidak masalah, tergantung selera.
  • Resep aslinya japchae, semua bahan dimasak terpisah. Jadi seharusnya daging dan jamur itu dimasak terpisah dengan sayuran. Akh ribet suer deh, jadi dimasak jadi 1 aja juga gak masalah sih.
  • Menurut saya resep aslinya sedikit tawar, jadi saya masak dengan beberapa tambahan bumbu lagi. Jadi kalau ada bahan yang didalam kurung itu tambahan dari saya :D. Jadi jangan bingung kok ada bahan yang didalam kurung, maklum kebiasan makan masakan padang yang bumbunya nancep, jadi susah makan yang bumbunya kurang hehehe. Jadi kalian bisa ikutin resep aslinya dahulu, kalau dirasa agak tawar baru ditambahkan bumbu-bumbu lagi.
  • Kalau tidak ada sweet potato glass, bisa pakai bihun medan yang juga tebal-tebal (bisa dicari dipasar dengan harga kisaran IDR7K). Walau bihun medanpun juga bisa putus beda dengan sohun ubi ini, tapi disarankan jangan pakai sohun atau bihun biasa yang mudah putus-putus 
  • Ada beberapa orang korea, sohun ubinya tidak mau dipotong terlalu pendek, karna agar nikmat makannya, yah terhantung selera masing-masing juga sih. Ah lupa kasih tau kalao sohun ubi ini bisa ditemukan disupermarket2 dengan varian harga yang berbeda-beda hahaha. Ini produk korea.

Selamat mencoba dan Happy Cooking. Memasak tanpa rasa senang dan hati yang bahagia, makanan tidak akan terasa enak 🙂

No Comments

Post a Comment